Melissa Siska Juminto: Harus Mampu Baca Perilaku Konsumen

Melissa Siska Juminto: Harus Mampu Baca Perilaku Konsumen

Tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang marketing tak membuat Melissa Siska Juminto, Vice President Tokopedia, canggung berada di dunia marketing. Kemauan untuk terus belajar mengenai segala hal terkait marketing membuat dia akhirnya jatuh hati pada dunia ini. Berkecimpung di dunia marketing selama 1,5 tahun, Melissa berpendapat dunia marketing sangat menarik karena dirinya harus memerhatikan perilaku konsumen.

gosbiz-Melissa Siska Juminto“Karena behavior konsumen berbeda dan berubah-ubah, itu membuat ekspektasi yang sudah dibuat berbeda dengan realitasnya di lapangan. Jauh berbeda dari ilmu akunting yang menjadi disiplin ilmu saya, di marketing tidak ada yang pasti. Itu yang membuat menarik,” ujarnya.

“Kita harus jadi yang pertama atau pionir daripada jadi follower,”

Lulusan Seattle University, Washington, AS, ini mengungkapkan bahwa kunci sukses di dunia marketing yaitu bisa membaca perilaku konsumen. Lebih lanjut ia menjelaskan, jika berhasil memprediksi dan membaca perilaku konsumen lebih cepat dari kompetitor, maka kita sudah unggul satu langkah di
depan pesaing.

“Sangat penting bisa berada di depan kompetitor, karena yang saya pelajari dunia marketing adalah dunia yang copycat, selalu ditiru. Contohnya jika iklan billboard merek A sukses besar, maka mau tidak mau merek lain harus berpromosi di billboard juga. Kita harus jadi yang pertama atau pionir daripada jadi follower,” tegasnya. (Majalah Marketing/Wicaksono)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.