Menyulap Eks Pabrik Gula Jadi Pusat Kegiatan yang Eksklusif

Siapa yang tidak kenal Tjolomadoe bagi penduduk Surakarta? Tjolomadoe adalah pabrik Gula yang bergaya arsitektur Indies yang didirikan oleh Kanjeng Gusti Adipati Arya Mangkunegara ke IV pada 8 Desember 1861. Pada eks pabrik gula ini para Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut melaksanakan beberapa kegiatan untuk bersinergi.

pabrik gula tjolomadu

Dalam menggelar kegiatan itu, terdapat dua pameran yang digelar dan disiapkan bagi para mitra binaan BUMN ini, yaitu Pameran Kuliner dan Pameran Kerajinan. Pameran Kuliner digelar di Stasiun Ketelan Pabrik Gula Tjolomadoe, adapun Pameran Kerajinan digelar di Stasiun Gilingan Pabrik Gula Tjolomadoe.

Pameran ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada 28 hingga 29 April 2018. Hadir pada kesempatan ini Menteri BUMN RI Rini M Soemarno, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, jajaran direksi BUMN, serta 20 peserta Pameran Kuliner serta sekitar 10 peserta Pameran Kerajinan. BUMN yang mengajak mitra binaannya diantaranya ada BNI, Angkasa Pura II, Pelni, Pertamina.

BNI dalam kegiatan untuk mensinergikan BUMN ini menyediakan layanan bertransaksi digital terkini. Tidak hanya menyediakan sarana transaksi pembayaran menggunakan Kartu Kredit, Kartu Debit, atau uang elektronik, BNI juga menyediakan sarana pembayaran dengan menggunakan BNI yap!. BNI yap! Merupakan terobosan terbaru dari lembaga perbankan saat ini karena merupakan aplikasi pembayaran dengan dana dari 3 sumber sekaligus, yaitu Kartu Debit, Kartu Kredit, dan UnikQu.

Corporate Secretary BNI Kiryanto menuturkan, Pengunjung Pameran yang bertransaksi menggunakan BNI yap! Dapat membeli beberapa produk dengan harga spesial. Sebagai contoh produk minuman dan es krim yang biasanya dijual seharga Rp 20.000 dapat dibeli dengan menggunakan BNI yap! seharga Rp 1.946.

Di samping acara pameran kerajinan dan kuliner yang digelar di pabrik gula Tjolamadoe juga dimeriahkan oleh peragaan busana dengan tema A Night Fashion Show In The Museum, Kartini Millennials Inspiring Runway. Uniknya, peragaan busana kali ini tidak hanya diisi oleh peragawan dan peragawati profesional, melainkan juga jajaran direksi BUMN dan pejabat teras Kementerian BUMN RI perempuan. Salah satunya adalah Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati.

Keesokan harinya, Minggu (29 April 2018), ribuan pesepeda memeriahkan sepeda santai Tour De Tjolomadu 2018 dalam rangka Sinergi BUMN. Menteri BUMN RI Rini Soemarno mengikuti sepeda santai ini ditemani direktur – direktur utama Bank-bank Milik Negara, termasuk Direktur Utama BNI Achmad Baiquni. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.