Service Quality Award 2017, Menggenjot Performa Service di Era Disruptif

Service Quality Award 2017, Menggenjot Performa Service di Era Disruptif

Malam penghargaan Service Quality Award 2017 kembali digelar di Hotel Mulia Jakarta pada 3 Agustus 2017. Acara ini digelar tiap tahun oleh Majalah Service Excellence dan Carre CCSL, sebuah lembaga service quality monitoring ternama di Indonesia.

Dalam acara Service Quality Award ini, ada 48 kategori penghargaan di mana tiap kategori diraih oleh 1 atau 2 perusahaan pemenang. Beberapa perusahaan ternama yang berhasil meraih SQ Award 2016 ini di antarnya Bank BCA, BRI, PT Astra Honda Motor, FIF Group, Timezone, Bank BTN, Natasha Skin Clinic Center dan lain-lain. Hasil selengkapnya dapat dilihat di Majalah Service Excellence edisi Juni 2016.
Sebagian para pemenang SQ Award 2017 menerima penghargaan, diserahkan oleh Adyo Bawono, Managing Director Majalah Service Excellence.

Service Quality Award merupakan penghargaan yang menjadi barometer bagi merek-merek service di Indonesia, yang disusun berdasarkan riset nasional kepuasan pelanggan yaitu Service Quality Index 2017.

Riset nasional kepuasan pelanggan ini diadakan di 4 kota besar Indonesia yaitu Jakarta, Medan, Surabaya dan Semarang pada kurun Januari hingga Maret 2017. Riset ini mengukur persepsi pelanggan secara langsung kepada pelanggan yang menikmati pelayanan dalam waktu maksimal 6 bulan terakhir.

Ada sejumlah 217 merek service yang berhasil mendapatkan penghargaan tahunan yang prestisius ini terbagi dalam 50 kategori mulai dari priority banking, insurance, tour & travel, parking service dan lain-lain.

Pada tahun ke sebelas ini, juga diluncurkan Service Quality Index untuk pelanggan korporat. Responden untuk pelanggan korporat adalah PIC dan user perusahaan untuk produk dan jasa yang perusahaan gunakan.

Hadir dalam acara Service Quality Award 2017 ini Yuliana Agung, CEO Carre CCSL, yang sekaligus memberikan presentasi singkat mengenai pentingnya mengantisipasi era disruptif, yang memengaruhi pelayanan di berbagai industri. Saat ini ada beberapa industri yang merasakan efek disruptif, yakni industri ritel dan perbankan. Industri ritel menghadapi tantangan dari e-commerce, sementara perbankan mendapat tantangan dari fintech.

“Sekarang frontliner sudah digantikan dengan screen, tapi kita (industri konvensional) punya kekuatan di back office, tinggal bagaimana kita mengubah kultur back office tersebut menjadi front office,” papar Yuliana Agung.

service quality award 2017
Yuliana Agung, CEO Carre CCSL, sedang menyampaikn presentasi singkat mengenai service di era disruptif.

Usai presentasi, acar kemudian berlanjut dengan pemberiaan penghargaan Service Quality Award 2017. Sejumlah perusahaan menerima award sebagai pengakuan terhadap kualitas layanan dari masing-masing merek. Dalam acara Service Quality Award 2017 ini, ada 50 kategori penghargaan di mana tiap kategori diraih oleh 1 atau 2 perusahaan pemenang. Beberapa perusahaan ternama yang berhasil meraih SQ Award 2017 ini di antarnya Bank BCA, PT Astra Honda Motor, FIF Group, Timezone, Natasha Skin Clinic Center dan lain-lain. Hasil selengkapnya dapat dilihat di Majalah Service Excellence edisi Agustus 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.