The Eight Power of Trying

The Eight Power of Trying


Syarat Utama

Kepercayaan terhadap diri sendiri bagi jajaran penjual adalah syarat utama untuk berhasil mendapatkan kinerja  yang optimal. Kepercayaan terhadap diri sendiri adalah pencerminan dari jiwa yang mandiri. Dan jiwa yang mandiri adalah keberanian mengambil risiko dan tanggung jawab dalam batas-batas kemampuan yang dimiliki.

the power of trying

Banyak orang yang mempunyai pengetahuan, keahlian, dan keterampilan dalam banyak hal, tetapi tidak berbuat sesuatu yang sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang dia miliki. Kenapa? Karena orang tidak punya rasa percaya terhadap dirinya, sehingga tidak mau mencoba hingga tidak berani mencoba. Hambatan demikian sebenarnya lebih merupakan hambatan psikologis, yaitu hambatan yang diciptakan atau dibuat sendiri, berupa ketakutan dan keraguan yang tidak beralasan. “The Eight Power of Trying” tidak dimilikinya.

Berani dan Berani

Sebaliknya, banyak orang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang minim, kurang memiliki keahlian, akan tetapi karena motivasi diri yang kuat, ia terdorong untuk berbuat dan kemudian berhasil. Setelah dilakukan penelitian terhadap kasus-kasus seperti ini, ternyata kuncinya terletak pada: “keberanian untuk mencoba”.

Delapan Cara Meningkatkan Keberanian

Seorang psikolog kenamaan bernama Elbert Hubbard, yang malang-melintang di bidang penjualan, menyarankan terapi kejiwaan untuk meningkatkan kepercayaan terhadap setiap jajaran penjual sebagai berikut:

  1. Saya percaya bahwa setiap ide, jasa, ataupun barang yang baik dapat dijual kepada orang yang baik, dengan cara-cara yang baik pula. Dan pada dasarnya semua orang adalah baik, asal didekati dengan baik pula.
  2. Saya percaya bahwa ide maupun produk yang dijual adalah baik dan oleh karenanya saya yakin akan mencapai sukses dalam pekerjaan saya.
  3. Saya telah mengambil ketetapan hati untuk bersedia berjerih payah melakukan sesuatu yang baik bagi orang lain. Oleh karena itu, saya tidak takut atau berkeluh kesah bila menemui kesulitan. Karenanya saya memilih menyenangi pekerjaan saya.
  4. Saya percaya bahwa setiap orang yang ingin mendapatkan hal yang dicita-citakan harus bersedia bekerja dengan tekun disertai hasrat yang menyala-nyala. Karenanya, perbuatan saya yang dilakukan pada saat ini lebih berharga daripada dua peraturan yang dilakukan esok hari. Untuk itu, saya tidak akan menyerah sebelum berhasil.
  5. Saya yakin bahwa pekerjaan yang saya lakukan hari ini akan membawa kebaikan bagi orang lain juga bagi saya, dan karena itu hasilnya pasti saya peroleh pada masa yang akan datang.
  6. Saya berjanji akan berlaku sopan, berlaku mulia serta pemurah, ramah dan selalu gembira, menghargai persahabatan, dan bersaing secara jujur.
  7. Saya percaya bahwa di mana sajaselalu tersedia pekerjaan bagi setiap orang yang sudah siap sedia melakukannya.
  8. Saya percaya bahwa saya sudah siap sekarang juga.

Delapan asas kepercayaan ini adalah rumus “The Eight Power of Trying” pada diri sendiri, yang dianjurkan dibaca keras-keras untuk kepentingan Anda sendiri. Terutama ketika keraguan datang menguasai pikiran Anda, ketika orang mengatakan bahwa profesi Anda adalah profesi nomor sekian, ketika orang meragukan produk yang Anda jual, ketika orang mulai memberondong Anda dengan sejumlah pertanyaan mematikan, dan ketika Anda sendiri mulai ragu-ragu dengan diri Anda sendiri.

Janji tersebut tidak akan perlu dipamerkan kepada orang lain, melainkan hanya untuk kepentingan sendiri, sebagai teknik komunikasi kejiwaan diri.

Mindiarto, Selling Therapist

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.