5 Langkah Membuat Pemasaran yang Sederhana

pemasaran

menentukan hargaMenyusun sebuah perencanaan pemasaran dan penjualan bukanlah hal yang terlalu sulit untuk dilakukan. Berikut lima bagian rencana pemasaran yang akan bekerja dengan baik.

Analisis Situasi

Dengan menganalisis situasi target utama pemasaran Anda, maka akan dengan mudah menemukan sebuah tolok ukur sekaligus perencanaan untuk beberapa bulan ke depan. Mulailah melakukan penyusunan dengan membuat sebuah deskripsi pendek akan produk atau jasa yang Anda tawarkan baik itu kelebihan maupun kekurangan produk, keuntungan yang akan Anda raih saat melakukan pemasaran, serta tantangan apa saja yang akan Anda hadapi seperti serangan mendadak dari para kompetitor, baik itu yang lama maupun kompetitor baru.

Target Pemasaran

Apabila Anda ingin melakukan pemasaran kepada konsumen, cobalah untuk menentukan target audiens berdasarkan demografi, termasuk umur, jenis kelamin, dan karakteristik lainnya. Buatlah sebuah daftar deskripsi mengenai target audiens. Kemudian Andajuga dapat membuat daftar target audiens berdasarkan kategori profesi seperti pengacara, dokter. Bisa juga berupa lokasi yang sering dikunjungi seperti tempat belanja (mall) atau kampus-kampus. Ingatlah untuk selalu menentukan kualifikasi pada masing-masing kategori tersebut.

pemasaran

Strategi Pemasaran

Pada bagian ini Anda mesti menentukan tipe pemasaran seperti apa yang akan Anda lakukan. Tentukan pula bagaimana branding dapat dilakukan dengan berpatokan kepada target pangsa pasar yang akan Anda tuju. Pertimbangkan berbagai macam bentuk pemasaran yang dapat Anda lakukan guna menarik minat sebanyak-banyaknya kepada masyarakat, misalnya dengan sosialisasi produk atau jasa melalui pameran.

Distribusi Anggaran

Tentukanlah berapa anggaran yang Anda perlukan untuk memasarkan produk-produk Anda, perhitungkan kira-kira berapa kali Anda perlu mengedarkan iklan produk dalam satu tahun, dan perhitungkan pula anggaran untuk tipe pemasaran lainnya seperti pameran, brosur, syllabus dan lain sebagainya.

Biasakanlah untuk menyediakan anggaran untuk mengiklankan produk atau jasa bukan sebagai anggaran tambahan, melainkan sebagai anggaran utama yang harus disejajarkan dengan anggaran gaji karyawan, anggaran produksi dan lain sebagainya.

Tentukan Tujuan

Selain menyusun perencanaan pemasaran, anggaran, cobalah untuk menyusun rencana lain yang jauh lebih penting yaitu tujuan pemasaran. Tentukan target dan keberhasilan yang mesti dicapai perusahaan, seperti seberapa kuantiti produk yang harus berhasil dijual kepada pelanggan setiap bulannya, atau untuk jasa seberapa banyak klien yang mendaftarkan diri sebagai pelanggan setia dan sebagainya.

Dengan menerapkan lima langkah di atas, maka program pemasaran yang Anda jalankan akan lebih terarah. Pemasaran yang efektif dan efisien akan mendorong keberhasilan bisnis ke titik yang diinginkan. (*)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.