6 Tahapan Merencanakan Promosi

Promosi adalah kegiatan marketing yang paling penting, karena di sinilah Anda memperkenalkan sebuah produk ke masyarakat.

Banyak keuntungan yang didapat dengan kegiatan berpromosi, misalnya: informasi produk akan tersebar kepada masyarakat, mendapatkan kenaikan penjualan dan profit, mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan, membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing, bahkan membantu mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen.

promosi marketing

Agar aktivitas promosi yang Anda lakukan dapat berjalan efektif tentu diperlukan perencanaan promosi. Berikut adalah langkah -langkah yang dapat Anda tempuh dalam merencanakan promosi:

  1. Tentukan tujuan promosi
    Tentukanlah tujuan dan apa yang ingin dicapai. Hal ini akan membuat aktivitas promosi berjalan efisien. Apakah tujuan promosi tersebut untuk membangun brand awareness, mendongkrak penjualan atau meluncurkan produk baru.
  2. Tentukan target pasar
    Tentukan segmentasi yang lebih spesifik untuk menghadapi perilaku konsumen yang bermacam-macam. Langkah ini penting untuk menghadapi persaingan. Dengan mengetahui target pasar secara jelas dan spesifik maka Anda dapat membuat anggaran promosi yang efektif.laruno-02
  3. Tentukan pesan
    Sebagai pengusaha atau marketer Anda harus mampu membangun komunikasi dua arah dengan konsumen Anda. Anda harus menentukan pesan apa yang ingin disampaikan untuk mendukung kegiatan promosi. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh target market Anda serta membuat pesan yang menarik, rasional, dan informatif.
  4. Membuat anggaran promosi
    Dalam membuat anggaran promosi penting mempertimbangkan goal yang ingin Anda capai, bagaimana mencapainya, kemudian baru membuat anggaran. Besaran anggaran yang dibuat juga tergantung pada pemilihan media yang Anda gunakan.
  5. Pilih media promosi
    Pilih media yang sesuai dengan target pasar Anda. Penggunaan media sosial akan sangat membantu dalam memberikan informasi produk Anda dalam jangkauan yang lebih luas. Tetapi Anda tetap harus fokus pada pasar yang Anda tuju, kenali perilaku konsumen, dan tentukan media yang sesuai.
  6. Pengukuran efektivitas promosi
    Banyak pelaku usaha yang biasanya melupakan pengukuran efektivitas promosi yang telah dilakukan. Padahal ini penting untuk mereview efektivitas kegiatan promosi. Pengukuran ini dapat dilakukan dengan riset brand awareness atau mengukur impact digital marketing dalam mendongkrak penjualan.

Nah, tunggu apalagi? Segera terapkan beberapa hal di atas dalam perencanaan promosi Anda dan rasakan manfaatnya. Semoga sukses.

laruno-01

 

(Diedit oleh Wahid F)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.