Bramamesta Bagjanata_gosbizMemilih dunia marketing adalah panggilan jiwa. Inilah pernyataan yang terlontar dari Bramamesta Bagjanata, Head of Corporate Marketing Sinar Mas Land. Menurutnya, seorang marketer mesti mampu mengombinasikan kreativitas dan strategi. Jadi, seperti gabungan antara art dan science, pun sifatnya sangat dinamis dan tidak monoton.

“Kalau tidak fleksibel mengikuti dinamika dunia marketing, maka kita akan tertinggal. Itu yang saya sukai dari dunia marketing. Apalagi dengan kecepatan evolusi teknologi, marketer harus bisa cepat adaptasi. Kalau tidak, kompetitor akan mendahului kita,” tutur lulusan Monash University, Melbourne, Australia ini.

“Kesan mendalam dalam dunia marketing adalah pentingnya transparansi antara brand dan customer.”

Hal yang membuat Bramamesta suka dengan dunia marketing adalah tantangannya. Menurut dia, marketing landscape sangat cepat berubah dan para marketer haruslah cekatan. Brand sudah tidak bisa lagi “define single consumer behavior”, dan tidak bisa mengandalkan hanya satu marketing channel.

Dinamika teknologi sering kali menjadi pencetus perubahan tersebut.Sudah berkarya di Sinarmas Land hampir tujuh tahun, banyak kesan dia dapatkan selama menggeluti dunia marketing. “Kesan mendalam dalam dunia marketing adalah pentingnya transparansi antara brand dan customer. Customer sekarang ini menjadi lebih pintar. Informasi sangat mudah dan cepat didapat. Di sisi lain, brand yang “walk the talk” akan menciptakan real value untuk customer,” imbuhnya menutup pembicaraan. (Majalah Marketing/Hernawan)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.