Sebagian orang memilih menggunakan kartu kredit untuk fleksibilitas. Kartu kredit juga memudahkan orang yang tak memiliki uang tunai dalam transaksi.

Tak hanya untuk belanja, kartu kredit sangat membantu mereka yang punya kebutuhan mendesak, tetapi sebaiknya bijaksana dalam menggunakan kartu kredit, sebab, bila tidak Anda bisa terlilit utang atau terbebani oleh cicilan yang menumpuk.

kartu kredit

Anda yang berniat memiliki kartu kredit sebaiknya berpikir matang lebih dulu. Sebelum mengajukan aplikasi, bertanyalah pada diri sendiri, apakah membutuhkan kartu kredit atau tidak.

Lalu, apa biasanya alasan orang-orang yang merasa perlu memiliki kartu kredit?

Kepraktisan

Lebih mudah membawa satu kartu kredit saja daripada segepok uang bukab? Maraknya kriminalitas tentu membuat Anda was-was saat membawa uang tunai dalam jumlah bayak. Akan lebih baik jika Anda membawa kartu kredit, sehingga Anda merasa aman dan praktis.

Belanja online jadi mudah

Perkembangan teknologi membuat belanja semakin mudah. Banyak barang yang bisa Anda beli secara online melalui online shopping. Banyak sekali toko online seperti Amazon, Ebay, bahkan toko lokal sekali pun menawarkan kemudahan cara pembayaran melalui kartu kredit. Dengan menggunakan kartu kredit, Anda tidak perlu lagi antre di teller bank atau membayar secara tunai. Selain menjadi sarana utama dalam transaksi di dunia maya, kartu kredit juga tergolong aman dengan adanya sistem konfirmasi serta sekuriti.

Mempermudah pinjaman

Jika Anda memiliki track record yang baik selama menggunakan kartu kredit, seperti tidak menunggak, maka Anda bisa mendapatkan cicilan 0% dan bisa menaikkan limit kartu kredit Anda. Kartu kredit juga berfungsi untuk meningkatkan status sejarah kredit Anda di Bank Indonesia. Apabila Anda tidak memiliki catatan kredit dari kartu kredit, maka akan sulit bagi Anda untuk mengambil kredit mobil atau KTA dari bank, karena mereka tidak mempunyai catatan mengenai kemampuan serta ketepatan Anda dalam membayar cicilan. Oleh karena itu, bank akan lebih memilih peminjam yang memiliki kartu kredit daripada mereka yang tidak.

Bepergian ke luar negeri jadi mudah

Anda hendak pergi ke luar negeri bersama keluarga dan malas untuk membawa dompet yang tebal? Kartu kredit adalah solusinya. Daripada bepergian dengan dompet tebal yang isinya beraneka ragam mata uang, lebih praktis untuk membawa kartu kredit. Apalagi jika Anda berpindah-pindah dari satu negara ke negara lainnya yang memiliki mata uang berbeda-beda, tentunya kartu kredit akan sangat berguna dalam perjalanan Anda. Jika hilang pun, Anda bisa langsung menelepon pihak bank kartu kredit tersebut. Selain itu Anda juga mendapatkan asuransi perjalanan serta asuransi lainnya dari kartu kredit yang Anda miliki.

Pengeluaran yang Tercatat

Jika Anda menggunakan kartu kredit maka semua pengeluaran Anda setiap bulannya akan tercatat dengan baik. Anda pasti akan menerima tagihan setiap bulan yang berisi rincian biaya apa saja yang telah Anda keluarkan. Dengan adanya catatan ini, maka Anda bisa melakukan evaluasi untuk bulan berikutnya sehingga pengeluaran Anda bulan depan sesuai dengan anggaran dan tidak melambung tinggi.

Jadi, apakah Anda sudah merasa perlu memiliki kartu kredit? Ingat, gunakan secara bijaksana agar tidak menimbulkan kesulitan di kemudian hari. (Baca juga: Kiat Agar Tak tercekik Tagihan Kartu Kredit).

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.