Kiat Agar Tak Tercekik Tagihan Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat kota besar. Banyak masyarakat yang menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan. Namun,  penggunaan yang tak cermat menyebabkan pemegang kartu ini terbelit kesulitan di kemudian hari.

Mereka yang terlilit beban utang karena penggunaan kartu kredit, biasanya karena melalukan beberapa kesalahan berikut:

Tidak Melunasi Seluruh Tagihan

Dalam pembayaran tagihan kartu kredit, bank memberikan memberikan kemudahan dengan menggunakan pembayaran minimum. Akan tetapi, bila tagihan Anda bayarkan dengan cara pembayaran minimum, tidak akan membuat utang Anda berkurang, melainkan  malah semakin besar.

Alangkah baiknya tagihan yang dimiliki dibayarkan secara lunas agar tak terjerat utang.

kartu kredit

Menggunakan Kartu Kredit Sebagai Kartu Debit

Sebagian pengguna kartu kredit beranggapan kartu yang dimiliki tersebut dapat berfungsi sebagai kartu debit. Padahal jelas berbeda fungsinya antara kedua kartu tersebut bila digunakan untuk transaksi.

Kartu debit digunakan menarik uang di ATM dan tidak dikenakan bunga, sedangkan kartu kredit dikenakan bunga berkisar 3% lebih. Tak heran jika kemudian terlilit hutang besar.

Oleh karena itu jangan biasakan menggunakan kartu kredit untuk menarik uang tunai terlalu sering atau terlalu banyak.

Kartu Kredit Digunakan Membayar Utang

Jika Anda memiliki utang lain selain kartu kredit seperti KPR atau kredit barang elektronik, kemudian Anda gunakan kartu kredit untuk menutupi utang tersebut, maka risiko terjerat utang semakin besar. Ini seperti gali lubang tutup lubang, karena menggunakan kartu tersebut untuk menutupi utang sama saja menukar utang Anda dengan bunga yang lebih besar. Hindarilah langkah ini.

Penggunaan yang Tidak Dikontrol

Penggunaan kartu kredit tanpa kendali hanya akan menyebabkan Anda terbebani dengan banyaknya utang yang dibayar. Tentukan batas maksimal limit yang digunakan dan jangan sampai melebihi batas maksimal penggunaan.  Selain itu, selalu perhatikan tanggal jatuh tempo pembayaran yang tercantum dalam lembar tagihan. Bila mengalami keterlambatan, akan dikenakan denda biaya keterlambatan hingga bunga.

Dengan menghindari 4 kesalahan penggunaan di atas, Anda bisa terhindar dari jerat utang. Jika Anda bisa teratur membayar kartu kredit Anda, hal tersebut akan dapat meningkatkan limit kartu yang Anda miliki secara otomatis. Tentunya hal tersebut merupakan keuntungan bagi nasabah khususnya yang membutuhkan limit besar, misalnya nasabah yang sedang mengembangkan bisnisnya.

Selain itu, apabila Anda lancar dalam segi pembayaran, nama Anda bisa terhindar dari daftar hitam Bank Indonesia.

One thought on “Kiat Agar Tak Tercekik Tagihan Kartu Kredit

  1. Kebetulan saya baru punya kartu kredit, harus banyak2 baca nih biar gak kesurupan. Alasan saya punya kartu kredit karena sering mendapatkan kesulitan saat berbelanja online di luar negeri sebut saja belanja di Ebay, trus buat bayar hosting yang hanya bisa dibayar dengan menggunakan Pay Pal ataupun Kartu Kredit.. Jadi Selama ini ya terpaksa deh harus selalu menggunakan jasa pembayaran pihak ke tiga..

    Btw admin bikin juga dong artikel membuat Pay Pal, dan tips-tips pentingnya seperti meningkatkan saldo dan sebagainya….:D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.