The Power of One

Marketing.co.id- Para manajer penjualan agaknya perlu melakukan usaha ekstra bersama seluruh jajaran terkait, terlebih mereka yang menjadi garda depan perusahaan. Dalam hal ini, jika setiap jajaran penjual patuh mengikuti “12 Tactics through The Power Of One”, niscaya akan membawa perubahan yang sangat berharga. Uraiannya sebagai berikut:

Made ONE more call every day.

Dengan menambahkan jumlah kunjungan (fisik atau lewat telepon) sebanyak satu kunjungan per salesman/hari, maka jika kita memiliki 50 salesman di seluruh cabang, peningkatan yang terjadi selama satu tahun akan sangat fantastik, yaitu: 50 salesman X 25 hari kerja X 12 bulan X 1 kunjungan ekstra = 15.000 kunjungan ekstra!

Arrange ONE more appointment each week .

Hanya dengan menambahkan satu pertemuan dengan  calon prospek 1 minggu 1 kali saja, maka akan diperoleh 52 minggu X perjanjian ekstra/tahun  X 50 salesman = 2.600 extra appointment.

Suggested ONE additional item to every customer.

Dengan cuma menambahkan satu item baru/pelanggan per salesman/hari, bayangkanlah berapa penjualan ekstra yang kita peroleh dari hal sepele seperti ini. Mari kita hitung dengan asumsi bahwa setiap salesman melakukan 8 effective calls (pelanggan order), hasil yang kita peroleh menjadi sebagai berikut: 12 bulan X 25 hari kerja X 50 salesman X 8 pelanggan X 1 item (asumsi Rp 10.000) maka hasilnya = 1,2 miliar rupiah!

Asked for the business ONE more time with each prospect.

Sebagian dari proses untuk mendapatkan penjualan ekstra adalah dengan melakukan relationship lebih akrab—bukan semata-mata hanya ngobrol dan bertemu, tetapi juga terfokus pada pengembangan bisnis. Dengan cara ini, peluang mendapatkan pelanggan yang positif akan lebih mudah diperoleh. Karena pada dasarnya prospek dibagi menjadi tiga kelas, yaitu: Cold Prospect, Warm Prospect, dan Hot Prospect. Peningkatan status ini akan ditentukan juga oleh seberapa sering dan serius kita membicarakan bisnis saat bertemu.

Invested ONE day per month in developing your skills.

“Selling is not a magic, selling is a process”. Dengan kata lain, untuk menjadi terampil, sales people tidaklah belajar sekali untuk selamanya. Tetapi, perlu diasah terus-menerus seperti pisau agar semakin tajam, cepat dalam bertindak dan bermanfaat. Anggarkan cukup dana dalam rencana tahunan untuk pelatihan. Pelatihan adalah aset, bukan biaya; dan itu perlu kesinambungan.

Read ONE book related to your industry every one month.

Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku yang tepat berarti Anda siap meraih dunia Anda, dunia bisnis Anda. Buku bersifat abadi, bisa sebagai referensi, reminder, proses belajar mandiri, dan bisa dibaca di sembarang tempat dengan biaya relatif murah.

Asked ONE more Question during each sales call.

Salesman yang baik adalah pendengar yang baik, salesman yang hebat adalah pendengar yang hebat. Untuk mewujudkan itu, seorang sales yang ahli akan berusaha menggali informasi secukupnya lewat keterampilan bertanya. Dengan “one question, open probing”, maka dapat diperoleh 6–10 simptom informasi. Keterampilan bertanya ini perlu diasah dan dilatih agar mendapatkan kualitas jawaban yang berguna.

Got the office ONE hour early.

Ingat slogan “Jam kerja sales people bukan ditentukan oleh waktu”, berakhirnya tugas mereka adalah tercapainya target penjualan pada hari itu. Dalam situasi sulit sekarang ini, kalau saja jajaran penjualan mau meluangkan waktu ekstra satu jam per hari, maka perusahaan akan dapat meningkatkan produktivitas sebesar 50 salesman X 25 hari kerja X 12 bulan = 15.000 jam ekstra. Hal itu bisa dipakai untuk merapikan administrasi, menganalisis data penjualan, menyusun strategi penjualan, merencanakan diskusi yang lebih baik dengan kelompok kerja, dan kegiatan lain yang bermanfaat.

Addressed ONE more objection before giving up.

Pepatah mengatakan, kunci sukses menghadapi tantangan adalah mencari satu solusi tambahan dalam menghadapi masalah yang timbul sebelum Anda menyerah. Coba sekali lagi dan sekali lagi, dengan spirit seperti ini akan didapatkan pemahaman baru bahwa setiap masalah yang dapat kita atasi itu sebenarnya bukan masalah.

Made ONE more call before heading home.

Langkah ke-10 ini memang merupakan godaan terbesar, karena mental dan orientasi kita sudah ingin tiba di rumah bertemu keluarga. Namun, sekali lagi, sempatkan mencari satu pelanggan yang jarak dan arahnya tidak terlalu menyimpang. Ini pekerjaan mulia yang perlu diacungkan jempol bagi yang melakukannya secara konsisten. Agar dapat terlaksana tentunya perlu alat motivasi ekstra.

Suggested ONE more idea to help a customer improve their business.

Idea never die. Kreativitas dan berpikir “out of the box” perlu dibudayakan. Ide kreatif terkadang sangat efektif terhadap sasaran yang dituju, baik itu penjualan maupun efisiensi biaya. Jangan pernah menertawakan ide. Dengan memberikan ide yang baik kepada pelanggan kita, maka bisnis kedua belah pihak akan berkembang.

Established ONE more goal to Achieve.

Pastikan bahwa sasaran yang ingin dituju melebihi dari apa yang kita canangkan. Dengan demikian, kinerja unggul (excellent performance) pasti bukan mimpi yang jauh dari kenyataan,

Buah keberhasilan dapat kita petik jika ke-12 taktik The Power Of One ini secara konsisten dilaksanakan bersama-sama tanpa terkecuali. Ingin bukti? Ya, tentunya Anda perlu mencobanya.

Oleh: Mindiarto Djugorahardjo, MB ( Selling Therapist )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.