Tips Menggunakan Email Marketing Sebagai Perangkat Pemasaran

Saat ini hampir semua orang mempunyai dan menggunakan e-mail untuk berbagai kepentingan, baik untuk keperluan kerja, bisnis, atau transaksi online. Adapun akun e-mail ini bisa didapatkan dari berbagai layanan e-mail, baik yang gratis maupun yang berbayar.

email marketing

Mengingat banyaknya pengguna e-mail, maka banyak para marketer yang mulai memanfaatkan e-mail ini untuk mengenalkan produknya. E-mail dalam marketing merupakan salah satu strategi yang efektif karena penawaran Anda akan langsung masuk ke inbox prospek dan dibaca oleh mereka.

Berikut adalah tips yang dapat membantu Anda dalam memaksimalkan e-mail marketing:

  1. Kenali audiens Anda
    Anda perlu mengetahui lebih dulu siapa audiens Anda, karena mereka adalah orang-orang yang akan menggunakan produk Anda. Dengan mengenali kebiasaan atau sifat konsumsi audiens, maka Anda dapat melakukan pendekatan secara persuasif yang dapat mempengaruhi mereka untuk membeli atau menggunakan produk Anda.
  2. Menyediakan solusi bagi audiens
    Supaya e-mail Anda dapat berjalan efektif di mana Anda dapat menghasilkan penjualan, maka Anda harus LARUNO 02dapat menyampaikan solusi dari permasalahan yang dihadapi Audiens Anda, dengan demikian mereka akan lebih memperhatikan e-mail Anda. Selain memberikan solusi, Anda juga dapat memberikan review produk sebagai informasi tambahan.
  3. Interaksi dengan audiens
    Jangan hanya mengirimkan e-mail yang terus-menerus berisi penawaran produk saja, sehingga audiens akan merasa bosan dan meninggalkan Anda. Buatlah e-mail yang mengajak audiens Anda berkomunikasi. Anda dapat melakukannya dengan menyelipkan beberapa pertanyaan pada isi email Anda sehingga menciptakan kesan bahwa Anda ingin berkomunikasi dengan audiens.
  4. Konten yang menarik
    Pastikan bahwa konten email Anda jelas dalam menyampaikan penawaran dan mengapa penawaran tersebut berharga. Buatlah isi e-mail yang singkat, jelas dan menarik, karena kebanyakan orang enggan membaca e-mail yang sangat panjang.
  5. Jangan memaksa konsumen
    Strategi pemasaran melalui e-mail marketing memang lebih mudah dan tidak banyak mengeluarkan dana pemasaran jika dibandingkan dengan bertemu audiens secara langsung. Namun jangan sampai melupakan etika dalam mengirimkan e-mail. Jangan sampai Anda mengirimkan e-mail yang memaksa audiens untuk membeli produk yang sudah Anda tawarkan. Hal ini justru akan membuat konsumen menjauhi Anda karena mereka merasa tidak nyaman.
  6. Cantumkan signature
    Cantumkansignatureidentitas Anda dengan baik, seperti nama, perusahaan, jabatan, no kontak dan sebagainya. Dengan signature ini maka audiens akan merasa yakin dengan siapa mereka berkomunikasi, dan menumbuhkan kepercayaan mereka bahwa e-mail tersebut bukanlah penipuan.

Demikianlah beberapa tips bagaimana menggunakan e-mail marketing yang tepat untuk pemasaran.

LARUNO 01

(Diedit oleh Wahid F)

One thought on “Tips Menggunakan Email Marketing Sebagai Perangkat Pemasaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.